Beberapa Tips Fitnes Bagi Pemula yang wajib Diketahui
Beberapa Tips Fitnes Bagi Pemula yang wajib Diketahui

Beberapa Tips Fitnes Bagi Pemula yang wajib Diketahui

KESEHATAN 0 Comment 14

Semualengkap – Beberapa tips fitnes bagi pemula yang wajib diketahui memang sangatlah penting untuk diperhatikan dalam menunjang keberhasilan suatu latihan.

Beberapa Tips Fitnes Bagi Pemula yang wajib Diketahui – Sebagai pemula, kita tentunya tidak boleh sembarangan saat memulai program fitnes. Kita harus memperhatikan beberapa point penting yang tidak boleh dilewatkan.

Berita Kesehatan Online Entah itu saat latihan, sebelum latihan ataupun sesudah latihan fitnes. Mau tau beberapa tips fitnes bagi pemula yang wajib diketahui?, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Menentukan Jadwal dan Komitmen yang Kuat

Tips fitnes bagi pemula yang pertama adalah menentukan jadwal dan komitmen. Hal ini akan menjadi pondasi dasar untuk latihan anda kedepannya. Menentukan jadwal yang sesuai dengan kesibukan anda dan seefektif mungkin memang wajib banget untukĀ  dilakukan.

Jadwal fitnes yang pas adalah 3x dalam seminggu. Jadwal ini akan memberi otot anda waktu istirahat sehingga tidak memaksanya untuk bekerja keras setiap hari sekaligus tidak memanjakan otot untuk bermalas-malasan. Inilah jadwal latihan yang ideal.

Setelah menentukan jadwal yang pas, selanjutnya anda harus memiliki komitmen kuat agar tidak berhenti ditengah jalan. Buatlah komitmen jika fitnes yang anda lakukan demi kesehatan dan bentuk tubuh yang atletis. Saat mulai bosan dengan rutinitas latihan yang ada, ingatlah komitmen anda saat pertama kali memulai latihan.

2. Mulai Latihan Dengan Gerakan Ringan Terlebih Dahulu

Setelah memiliki jadwal dan komitmen, tips fitnes bagi pemula selanjutnya adalah memulai latihan dengan gerakan ringan. Sebagai pemula tentunya kita tidak bisa langsung mengikuti program latihan yang berat.

Otot tubuh kita harus kenalan terlebih dahulu terhadap latihan-latihan yang ada. Secara bertahap otot tubuh juga akan berkembang, memulai dengan latihan ringan juga tidak menyiksa otot dan membuatnya kaget / terluka.

Selain itu, biasakan untuk pemanasan santai terlebih dahulu sebelum latihan. Anda dapat melakukan pemanasan dengan memakai alat eliptical ataupun berjalan santai di treadmil selama 10 menit. Setelah itu, dilanjutkan dengan melakukan peregangan anggota tubuh baru latihan.

3. Melakukan istirahat saat latihan

Ketika melakukan latihan, anda pun butuh istirahat. Jangan berharap otot anda akan berkembang cepat dengan cara memaksakan otot saat latihan fitnes. Melakukan latihan tanpa henti hanya akan melukai otot dan justru menggagalkan program latihan anda.

Namun dengan cara istirahat, anda akan merelaksasikan detak jantung dan membuatnya tidak berdegup terlalu cepat. Istirahatlah selama 3-5 menit disela-sela latihan agar tubuh anda bugar kembali.

Terdengar remeh, namun faktanya tips fitnes bagi pemula kali ini sangatlah penting untuk diperhatikan.

4. Selalu semangat saat melakukan latihan

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, maka anda harus melakukan setiap gerakan fitnes dengan semaksimal mungkin. Melakukan latihan dengan penuh semangat dan tanpa mengeluh wajib hukumnya untuk anda perhatikan.

Salah satu tips fitnes bagi pemula agar selalu semangat saat latihan yaitu memutar musik dengan tempo cepat. Musik bertempo cepat nyatanya berhasil untuk meningkatkan semangat saat melakukan gerakan fitnes.

5. Mencatat riwayat fitnes

Setiap kali kita selesai latihan fitnes, sebaiknya kita mencatat semua hal yang berkaitan dengan latihan. Mulai dari berapa berat beban, apa saja gerakan-gerakan, sampai seberapa banyak hitungan yang sudah kita lakukan.

Jika dirasa semua yang kita catat sudah bisa kita lakukan dengan mudah, maka latiahn selanjutnya kita bisa menambah ke level lebih tinggi. Misalnya meningkatkan beban ke 25 kg yang semula hanya 20 kg, menambah gerakan-gerakan baru dan melakukan sit up 100x dari sebelumnya yang hanya 75x.

sponsor

Jika anda ingin latihan lebih efektif dan tidak sia-sia, maka perhatikan betul tips fitnes bagi pemula kali ini.

6. Mengatur Jenis Makanan yang dikonsumsi

Tips fitnes bagi pemula agar mendapatkan hasil maksimal ternyata tidak cukup dengan melakukan latihan yang efektif saja, namun memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak kalah penting.

Sebaiknya anda selalu memperhatikan makanan yang pas untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah fitnes. Jenis makanan yang mampu menunjang aktifitas fitnes anda adalah yang diperkaya mineral dan vitamin.

Sebaiknya anda makan sebelum fitnes untuk menunjang kebutuhan energi saat melakukan latihan. Namun ingat, konsumsilah makanan sehat tanpa mengandung lemak dan tidak berlebihan. Perbanyak pula minum air putih setiap hari.

Sayangnya, tips fitnes bagi pemula yang satu ini sering diabaikan oleh banyak orang.

Itu tadi adalah beberapa tips fitnes bagi pemula yang wajib diketahui. Tips-tips di atas akan membuat latihan anda menjadi bermanfaat dan tidak sia-sia. Sebagai pemula tentunya kita harus belajar dan mengetahui dasar-dasar fitnes dahulu.

Author

admin

Saya adalah admin blog ini.

Leave a comment

Copyright @ 2017 SemuaLengkap.com adalah blog berita yang mengedepankan keakuratan dan fakta di lapangan agar para pembaca semakin percaya akan hal-hal yang telah kami suguhkan.

Search

Back to Top